Print This Post Print This Post

MIN 1 Kota Malang Terapkan Ujian Berbasis CBT

105

IMG_20191130_072930 IMG-20191202-WA0032IMG_20191130_073031

Kota Malang (MIN 1) – Seiring dengan  kemajuan teknologi yang semakin pesat, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang yang terletak di Jalan Bandung ini menerapkan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) yang dimulai dari tanggal 30 November hingga 14 Desember 2019 nanti.

Kepala MIN 1, Suyanto, menuturkan madrasah telah melakukan beberapa persiapan untuk kelancaran ujian CBT ini, yaitu persiapan perangkat mulai dari pengadaan server untuk masing-masing kelas, pemasangan unifi di tiap-tiap kelas, dan pemilihan aplikasi CBT yang ringan dan mudah.

“Persiapan yang dilakukan madrasah ada dua hal, yaitu perangkat dan suport sistemnya. Persiapkan pertama kita siapkan 3 server untuk masing-masing kelas 4-6, selain itu pemasangan unifi di tiap-tiap kelas untuk kelancaran koneksi jaringan, dan aplikasi CBT dipilih yang ringan dan mudah untuk siswa,” tutur Suyanto.

Lebih lanjut Suyanto menyampaikan persiapan lainnya  yaitu suport sistem, diantaranya peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik itu proktor, operator, pengawas, hingga guru penyusun soalnya.

“Hal lain yang disiapkan madrasah yaitu suport sistem yaitu peningkatan kompetensi sumber daya manusia, baik itu proktor, operator, pengawas, hingga tim penyusun soalnya. Madrasah juga telah melaksankan tryout, uji coba jaringan hingga pra PAS CBT,” ujarnya. Dalam ujian ini siswa mengerjakan soal melalui perangkat yang telah dibawa dari rumah, perangkat tersebut bisa berupa laptop, tab, atau handphone.

Sebenarnya ujian berbasis komputer tersebut telah dilaksanakan sejak tahun lalu, hanya saja saat itu baru kelas 6 saja. Pada tahun ini ujian berbasis CBT diikuti oleh seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 yang berjumlah 756 siswa. (DwiCy)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us